Monday, July 30, 2012

Tentang Agama? Hm...

Beberapa minggu terakhir, kayanya saya jadi sering banget nemuin artikel-artikel tentang agama. Kenapa ya? Apa mungkin saat ini sedang bulan ramadhan? Atau ini cara halus Tuhan untuk menegur saya karena dalam beberapa waktu terakhir saya lupa untuk mengingat-Nya saat sedang sibuk dengan kegiatan? Astagfirullah... Semoga menjadi pelajaran berharga :)

Tapi, saya tidak akan membahas tentang itu. Melihat beragamnya isi dari artikel-artikel tersebut membuat saya menjadi tertarik untuk ikut menulis juga. Dari beberapa artikel yang saya baca, kebanyakan adalah artikel-artikel tentang islam. Dan saya juga menemukan beberapa perbedaan persepsi baik dalam artikel maupun dalam komentar yang kontroversi.
Ada mereka yang memuji islam dan memperlihatkan bagaimana indahnya islam, ada yang memberikan pandangan tentang islam secara universal, ada yang menyatakan umat islam harus berhati-hati karena sebenarnya kita sedang diserang, dan ada juga yang mengatakan bahwa membunuh orang kafir itu halal hukumnya!

saya tidak ingin membenarkan ataupun menyalahkan mereka yang mengatakan semua hal tersebut. Kita manusia memiliki pendapat dan pemiiran yang berbeda sesuai dengan apa yang kita pelajari. Namun, yang menarik di sini adalah, bagaimana cara seorang muslim memandang islam!

Saya akui dan akan saya katakan dengan bangga bahwa saya adalah seorang muslim. Tapi, jujur, saya tidak hanya belajar tentang agama islam. Saya pun mempelajari agama nasrani. Saya belajar tentang trinitas, saya belajar tentang konsep pengorganisasian dalam gereja, saya belajar tentang perbedaan katolik dan protestan, dll.

Saat membaca hal tersebut tentu akan menimbulkan reaksi yang berbeda. Mungkin akan ada yang bereaksi seperti:
"Shalatnya aja belum tentu bener malah belajar agama nasrani."
"Buat apa belajar agama lain? Islam kan udah yang terbaik."
"So' aja paling tuh belajar agama lain, padahal agama sendiri aja belum tentu ngerti!"
Tapi tentu ada juga mereka yang penasaran dan bertanya
"Kenapa dia mau belajar agama itu? Apa tidak menggoyahlan aqidahnya? Apa untungnya mempelajari agama selain agama yang kita anut?"

Jika ada yang bertanya seperti itu, saya sangat berterimakasih. Karena itu berarti anda sudah membuka pikiran anda.

Goyah atau tidaknya aqidah dan iman kita saat mempelajari agama lain itu yaa tergantung dari diri kita sendiri. Dan Alhamdulillah, Allah masih menyayangi saya dengan masih menjaga hidayah untuk saya. Buktinya, saya masih bertahan dengan agama saya sekarang. Jujur, justru dengan mempelajari agama lain, saya justru semakin yakin dengan agama saya dan ditambah rasa toleransi saya kepada agama selain islam juga bertambah dan justru membuat hidup saya lebih indah.

Mungkin saya akan menceritakan hal tersebut di postingan saya berikutnya, karena tentu akan terlalu panjang jika saya menulisnya di sini :)

No comments:

Post a Comment