Thursday, December 1, 2011

Mengenal Diri Sendiri

Hari Kamis kemarin saya belajar tentang Personality Development. Selalu menyenangkan untuk mempelajari mata kuliah yang satu ini. Kenapa? Karena saya selalu tertarik untuk mempelajari karakter dan sifat-sifat manusia. Tapi, cukup sampai disitu. Saya tidak akan membicarakan tentang itu.

Yang ingin saya bicarakan adalah salah satu hal yang saya pelajari. Yaitu, 'Mengenali Diri Sendiri' lalu sang dosen menyuruh kami untuk menuliskan sifat-sifat yang kita ketahui tentang diri kita baik dari sisi positif dan negatif. Lalu apa yang saya tuliskan?


Diri saya menurut saya sendiri:
+ Bisa mendengarkan
+ Bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda
+ Optimis menghadapi sesuatu
+ Tetap tenang meski ada masalah
+ Suka mencoba sesuatu yang baru
- Sulit menghadapi tekanan
- Termasuk sulit mengendalikan emosi di depan orang2 terdekat
- Jika takut melakukan sesuatu, tidak akan pernah melakukan hal tersebut
- Kadang terlalu sering terbawa perasaan

Lalu, setelah menuliskan hal-hal tersebut, kami di suruh menukarkan tulisan kita dgn teman-teman kita. Lalu, teman2 saya memberikan komentar atau menambahkan sifat dan sikap saya yang mereka tahu. Berikut hasilnya:

Menurut tyas:
+ Bijak
- Suka nekat!

Menurut sevi:
- Mementingkan orang lain tanpa peduli diri sendiri
- Tertutup

Menurut awe:
- Kalo ada masalah, indri ga pernah cerita. intinya mah tertutup -_-"

Menurut Rani:
Katanya 'tetap tenang meski ada masalah' tapi 'termasuk sulit mengendalikan emosi didepan orang2 terdekat'?
Katanya 'optimis menghadapi sesuatu' dan 'suka mencoba sesuatu yang baru' tapi 'jika takut melakukan sesuatu, tidak akan pernah melakukan hal tersebut'
ga konsisten, ndri...

ok! Saya klarifikasi di sini aja ya ran :p
1. saya selalu berusaha untuk tetap tenang saat memiliki masalah. Sedangkan mengendalikan emosi yg saya maksud itu adalah saat2 tertentu seperti saat saya sedang 'sensi' karena siklus bulanan.
2. saya suka melakukan sesuatu yg baru dan saya akan optimis saat akan melakukan suatu hal yang 'belum' saya ketahui. Sedangkan sesuatu yang takut saya lakukan adalah sesuatu yang pernah saya lakukan dan saya tahu saya sama sekali tidak mahir dalam melakukan hal tersebut. Jadi, saya sudah mencoba sesuatu itu dan saya takut untuk mencobanya lagi.

demikianlah tentang saya. ohya, ada lagi yang tiba-tiba terpikirkan ketika saya sedang menulis postingan ini adalah: PEMALAS dan paling nggak bisa minta ke orang kecuali kalau bener2 terdesak. Ga tau deh itu termasuk negatif atau positif -.-"

3 comments:

  1. hihihi tau gak? aku sama masniah dan nuridha bingung sama instruksinya setelah nulis loh, jadi kita cuma nulis, tuker dan baca tanpa ada evaluasi hihihi *akibat ngobrol ketika lecture* :D

    ReplyDelete
  2. hahaha... kamu sih dew. makanya perhatiin donk kalo dosen lagi ngomong di depan. ngobrol melulu nih. ketauan! hahaha

    ReplyDelete
  3. wah, wah, wah...
    sepertinya menarik teh...:D
    bisa diterapkan tuh cara untuk mengenali diri sendirinya...

    ReplyDelete